Buku 1 – Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 3

Siapa bilang bikin game harus jago coding? Di sini kamu bisa buktiin, cukup modal browser dan koneksi internet saja kamu bisa bikin game Top-Down, Shooter, Adventure, Action, Platfomer, dan Game Edukasi dengan Construct 3 tanpa perlu coding/menulis script karena semua sudah di bungkus dalam bentuk diagram alur. Dan di buku ini akan kita bahas secara tuntas dan kita ajak kamu untuk mengenal apa itu Construct 3, membuat Game edukasi yang unik dan menarik, serta membuat Game yang bisa dimainkan pada perangkat Mobile Android dan bisa diakses secara online melalui Website.

Construct 3 merupakan sebuah game engine berbasis HTML 5 buatan Scirra yang berasal dari London, Inggris. Dengan menggunakan game engine ini, programmer pemula maupun expert dapat dengan mudah membuat sebuah game. Construct 3 dikhususkan pada game berbasis 2(dua) dimensi yang menyediakan banyak fitur untuk mempercantik game yang ingin dirancang. Dalam Construct 3 tersedia lebih dari 70 visual effect yang menggunakan engine webGL, serta dilengkapi dengan 20 lebih built-in plugin dan behavior. Melalui Construct 3, programmer dapat mem-publish gamenya melalui beberapa platform seperti HTML 5, Android, Google Chrome Webstore, Facebook, Phonegap, Windows Phone, IOS, Windows Desktop, Mac, Linux, Wii U, XBOX, Tizen dan sebagainya.

Construct 3 adalah salah satu tools yang dapat digunakan untuk membuat game tanpa harus menulis kode pemrograman, karena sebagian besar logika untuk game dapat dibuat menggunakan menu. Kelebihan lain dari construct adalah fungsi-fungsi bawaan yang sudah disediakan dapat mempercepat proses pembuatan game, sehingga tidak perlu membuat ulang fungsi-fungsi tersebut untuk game yang akan di bangun. Construct 3 tersedia dalam 2 versi, gratis dan berbayar, dalam versi gratis akan ada beberapa fitur yang dibatasi, seperti maksimal 100 event sedangkan untuk versi berbayar maka semua fitur dapat di akses secara penuh.

Construct 3 adalah aplikasi pembuat games 2D yang memang dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dioperasikan. Ia berjalan lewat browser dan files-nya dapat disimpan secara online maupun offline. Karena itu, aplikasi ini berjalan di semua sistem operasi, termasuk Chrome dan Android. Kamu bisa mendesain dan membuat games semacam puzzle, RPG, tembak-tembakan, balapan, petualangan, quiz hingga games yang pakai cerita di sini. Banyak banget kan cakupannya? Sangat cocok buat remaja yang punya segudang ide di kepala. Tidak hanya itu, aplikasi ini pun mendukung Box2D yang digunakan untuk membuat games yang melibatkan fisik (physics-based games).

Secara sederhana, ketika kamu membuat games menggunakan Construct 3, maka kamu akan menciptakan gambar latar, menambah objek, serta memberikan kepribadian ke objek itu. Kalau semua sudah diatur, langkah selanjutnya tinggal menambahkan logika permainan di tiap level (conditions dan actions). Misalnya pemain bisa lanjut ke babak selanjutnya setelah melewati apa saja, atau setelah melakukan apa saja; maupun dia bisa mati kalau terkena apa, dan seterusnya.

 

Kelebihan dan Fitur Construct 3   

Beberapa fitur dan kelebihan dari yang Construct 3 yang menggambarkan bagaimana cara kerja Construct 3 yaitu :

  1. Map Editor dan Object Editor

Kamu bisa menciptakan tampilan visual dari games yang dibuat secara langsung di aplikasinya. Meski begitu, kamu masih bisa memasukkan gambar-gambar yang dibuat di aplikasi lain. Objek-objek yang ada dapat dengan mudah diatur dalam layer-layernya dan semuanya mudah untuk dipindah satu sama lain. Selain itu aplikasi ini pun memberi fitur efek visual, Kamu akan leluasa untuk menambahkan efek semacam partikel atau pencahayaan.

  1. Preview

Seperti sudah sedikit disinggung sebelumnya, Construct 3 berjalan menggunakan basis visual. Kamu bisa langsung melihat hasilnya, dan Kelebihan ini tidak terlepas dari adanya pilihan Preview di dalamnya. Dengan fitur itu, kamu bisa melihat visualisasinya secara berkala. Otomatis hal itu pun memudahkan untuk menentukan langkah selanjutnya; misalnya apa saja yang perlu ditambah, dirombak, atau dihapus. Fitur ini dapat dijalankan per layout games. Jadi kamu nggak perlu repot-repot untuk mengecek keseluruhan garapan dari awal sampai akhir.

  1. Remote Preview

Lebih canggihnya lagi, di dalam aplikasi ini ada Remote Preview, di mana orang lain bisa mengecek games buatan kamu lewat Perangkat lain. Link-nya langsung bisa dibagikan. Fitur ini bikin kerja kelompok atau kolaborasi jadi lebih mudah dilakukan.

  1. Cocok untuk pemula

Dengan berlatih menggunakan Construct 3, pemula pun bisa membuat games sederhana dengan secepat kilat. Meski begitu, games yang dibuat tetap bisa diatur “kedalamannya”. Ibaratnya, dengan imajinasi dan pengolahan yang matang, hasilnya nanti tetap bisa tampak profesional.

  1. Membantu perkembangan kemampuan kognitif

Secara langsung, coding mengajari anak tentang pola pikir bagaimana (how to), bukan apa (what to). Jadi kemampuan pemecahan masalah sangat dilatih di sini. Ketika anak menghadapi masalah ketika sedang melakukan coding, ia akan dengan cepat menyadari untuk melihat apa yang sedang digarap dalam bentuk detail-detail kecil. Hal ini lebih efektif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Contruct 3 mendukung cara kerja ini, di mana pengguna bisa mengecek objek demi objek.

 

Berikut adalah Buku 1 – Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 3

 

Setyo Bagus Fristanto

Guru Produktif RPL SMK Negeri 9 Malang

Mungkin Anda juga menyukai

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x