Pemateri dan Sharing Pengalaman Lomba GCC Batch 3 tahun 2022 di MGMP Matematika tingkat SMK Kota Malang

Disini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya, selama mengikuti lomba GCC Batch 3 tahun 2022 dan praktik baik atau sharing pengalaman tentang pembuatan media pembelajaran berbasis Android.

Di dalam flyer sebelah kiri ini terdapat 10 bidang lomba yang di lombakan untuk Guru tahun 2022 kmren yaitu :

  1. Apresiasi Penulis Buku APB
  2. Inovasi Pengawas Sekolah
  3. Inovasi Kepala Sekolah
  4. Kewirausahaan
  5. Video Tourism Object and Modern Local Culture
  6. Film Pendek
  7. Fashion
  8. Daur Ulang
  9. Inovasi Pembelajaran Berbasis IT
  10. Desain Grafis

 

Semisal nantinya setelah bapak ibu ikut mendaftar lomba GCC ini, nanti di sana akan dimasukkan grup telegram dan dari sini kita bisa mengetahui berapa jumlah peserta pesaing dalam lomba yang sama dengan yang kita ikuti. Disini biasanya kita akan di ingatkan terkait informasi pelaksanaan webinar, workshop dan coaching clinic dan pertanyaan dari peserta akan di ampu oleh panitia lomba.

 

Di dalam lomba GCC Jatim Batch 3 tahun 2022 ini saya membuat Game Edukasi dari Construct 3 sesuai dengan mapel yang pernah/saya ajarkan kepada siswa saya yang saya beri judul “Game Edukasi ABEL (Ayo Belajar) Logika dan Algoritma Pemrograman berbasis Android sebagai Inovasi Media Pembelajaran IT untuk Siswa SMK Kelas X RPL dengan Construct 3

Latar Belakang kenapa saya memilih tema ini adalah karena Logika & algoritma pemrograman merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai seorang programmer, terlebih lagi bagi siswa yang baru masuk jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) kelas X. Seorang siswa perlu mempelajari logika pemrograman dasar terlebih dahulu sebelum menggunakan logika pemrograman lanjutan lainnya yang lebih rumit karena menggunakan bahasa pemrograman berupa kode-kode program, dan perhitungan matematika juga tidak terlepas dari bahasa pemrograman. Sehingga logika dasar dan perhitungan matematika adalah konsep dasar yang wajib di kuasai dan sangat penting untuk siswa RPL khususnya kelas X semester satu/awal.

 

Berikut adalah tips yang pernah saya ikuti lomba GCC selama dua kali yaitu tahun 2021 lalu yang saya ikuti, saya hanya masuk 5 besar dan pada tahun lalu, yaitu tahun 2022 alhamdulillah atas berkah dan nikmat Allah saya bisa juara 1 tingkat propinsi dalam bidang lomba inovasi media pembelajaran berbasis IT dengan media berupa Game Edukasi. Berikut adalah tips nya :

  • Pilih Judul yang nyelekit, unik dan langsung menggambarkan produk yang kita buat. Karena pengalaman saya ikut GCC 2x saya lolos 5 besar dan terakhir masuk juara 1.
  • Detail laporan lengkap dan di tambahkan Screenshoot Produk
  • Pengumpulan Karya wajib juga kita sertakan Screenshoot Produk
  • Usahakan mengumpulkan karya maksimal seminggu sebelum tanggal penutupan (Yang di kumpulkan karya dlm bentuk apk, assets, file mentah)
  • Targetnya adalah kita masuk 5 besar dulu
  • Karena di 5 besar nanti akan ada sesi presentasi dan tanya jawab oleh juri dan hanya di pilih 3 orang yang langsung menjuarai lomba GCC tingkat Propinsi (SMK, SMA, SLB)
  • Untuk mendesain asset/gambar dari media yang kita buat ini bisa kita mencari dan download dari internet maupun biar lebih bagus lagi maka bisa kita edit dengan Adobe Photoshop

 

Nah biasanya untuk informasi pendaftaran GCC akan di buka sampai terakhir Juli dan di mulai worksop sebanyak 3-4x di bulan agustus dan workshop ini di lakukan setiap seminggu sekali. Lalu dalam bulan september sampai oktober adalah pengerjaan karya dan pada awal november adalah batas akhir pengumpulan karya.  Minimal jika kita mengikuti workshop saja maka kita akan mendapatkan 1 buat sertifikat, dan jika kita mengumpulkan satu karya maka nantinya kita juga dapat sertifikat lagi yang kedua.  Dan yang terakhir jika kita lolos 3 besar maka bapak ibu akan di undang ke surabaya untuk malam penganugerahan dan berfoto dengan ibu Gubernur. Semoga Bapak Ibu semua bisa lolos dan juara dalam lomba GCC ini ke depan nya, karena merupakan kebanggan tersendiri / prestice rasa senang, bahagia dan bangga apabila kita bisa juara dan di undang oleh Gubernur.

 

Berikut adalah video lengkapnya :

 

Setyo Bagus Fristanto

Guru Produktif RPL SMK Negeri 9 Malang

Mungkin Anda juga menyukai

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x