Belajar Android di IAK (Indonesia Android Kejar)

Indonesia Android Kejar, Program Belajar Pemrograman Android dari Google
Android Indonesia Kejar adalah sebuah kegiatan yang digagas dan dicetuskan oleh Google untuk mengajak developer-developer Indonesia untuk mengembangkan sebuah aplikasi mobile Android secara online lewat situs Udacity. Ini merupakan serangkaian kegiatan dengan bentuk kerja kelompok melalui kursus yang diselenggarakan secara online dan offline antara Fasilitator dan Peserta.

Developer Relationship Program Manager Google mengumumkan program ini akan berlangsung pada tanggal 28 Maret sampai 7 Mei 2016 di lima kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Kursus online Android Kejar ini merupakan salah satu bagian dari komitmen Google dalam membantu melatih 100.000 developer digital Indonesia hingga tahun 2020 mendatang.

Berdasarkan survei Google di tahun 2014 mengenai penggunaan smartphone. Penduduk Indonesia 60% memiliki ponsel bersistem operasi Android yang mana memberikan summary bahwa akan ada peluang besar bagi para developer yang ada di Indonesia untuk bisa mengembangkan potensi mereka dengan mengambil peluang tersebut.

Google juga menyiapkan fasilitator-fasilitator yang bertugas sebagai pembimbing dan mendampingi setiap kelompok belajar. Fasilitator yang dipilih Google adalah mereka yang memang ahli dalam pemrograman Android.

Eldwin, CEO PT Rect Media Komputindo adalah salah satu programmer Android yang terpilih sebagai fasilitator program Android Kejar di kota Semarang.

Pada tahun lalu sebenarnya sudah dilakukan kegiatan yang sama, dimana saat itu masih bernama “Indonesia Android Academy”. Untuk program Indonesia Android Kejar pada tahun 2016 ini diselenggarakan dengan menyajikan materi dengan level yang berbeda-beda seperti level Beginner, Intermediate, dan Advance.

Fasilitator adalah pihak yang akan menjadi pengajar & pembimbing dalam sesi pembelajaran offline sesuai dengan levelnya. Fasilitator juga akan bertugas mengadakan study group dan memonitor perkembangan anggotanya. Adapun benefit menjadi fasilitator adalah:

  • Kesempatan Free Premium Ticket di Udacity.com
  • Hadiah Ekslusif dari Google
  • Kesempatan Untuk Berkolaborasi Dengan Google
  • Kesempatan Mengunjungi Google Indonesa

Dan sebagai peserta dapat memilih training yang diinginkan sesuai dengan level yang diinginkan untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat aplikasi Android. Benefit yang didapatkan sebagai peserta:

  • Memperkaya Kemampuan Android
  • Terhubung Dengan Anggota Komunitas
  • Hadiah Ekslusif dari Google
  • Sertifikat dari Google

Program ini tidak dipungut biaya sama sekali dan peserta bisa terkoneksi dengan berbagai developer yang ada di Indonesia.

 

Berikut adalah modul yang di dapatkan selama materi ini.

 

Logo icon yang saya buat di Pelatihan ini yaitu aplikasi Malang Tour yang berisi informasi Wisata yang ada di Kota dan Kabupaten Malang.

 

Berikut hasil tampilan program aplikasi Malang Tour.

 

Berikut adalah aplikasi Android berupa file .apk hasil project karya yang saya buat dalam latihan ini.

 

Berikut adalah Source Code yang saya buat dengan menggunakan aplikasi Android Studio.

Setyo Bagus Fristanto

Guru Produktif RPL SMK Negeri 9 Malang

Mungkin Anda juga menyukai

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x