Greenfoot untuk Pembuatan Game Berorientasi Objek


Apa itu Greenfoot ? Mungkin nama Greenfoot tidak banyak diketahui oleh semua orang. Tetapi bagi anda yang sedang dan ingin belajar Pemrograman Java, sebaiknya mengenal dengan Greenfoot. Greenfoot merupakan software untuk membuat games 2D berorientasi Objek OOP (Object Oriented Programming) berbasiskan pemrograman Java. Dengan melakukan pembuatan Games, tentu saja akan lebih memacu anak atau siswa untuk lebih menyukai pemrograman khususnya Java.

Greenfoot diprakarsai oleh Michael Kolling pada tahun 2003 yang dikembangkan di University of Kent dan La Trobe University dengan dukungan dari Oracle. Software yang bersifat Opensource ini dirilis dibawah lisensi GPL. Greenfoot saat ini tersedia untuk beberapa sistem operasi seperti Microsoft Windows, Mac OS dan Linux. Tujuan dari pembuatan software ini adalah untuk Belajar program, dan belajar konsep pemrograman sekaligus menciptakan sebuah games atau permainan yang menyenangkan.

Penggunaan Greenfoot tidaklah rumit seperti membuat program yang menuliskan syntax. Dengan menggunakan Interface berbasis GUI yang tersedia, kita dapat menggunakan class browser, editor dan compiler dalam membuat games.

Program Greenfoot ditulis dalam standar Java, yaitu salah satu bahasa pemrograman utama di dunia akademis dan industri. Konsep belajar mentransfer secara langsung ke pemrograman subsequent environments. Greenfoot memberikan kemudahan bagi pemula untuk membuat environment, sedangkan Java membuatnya lebih powerful dalam menulis code aplikasi yang mengesankan, fleksibel dan canggih.

 

Nah selama 2 minggu pelatihan ini, dan di minggu terakhir berikut adalah produk Greenfoot yang kita buat dari hasil pelatihan pada tanggal 16-27 Mei 2016 dulu pernah diadakan pelatihan dari Oracle Academy untuk guru-guru SMK berikut adalah hasilnya :

 

Game PacMan – https://www.greenfoot.org/scenarios/16867

 

Game Coboy VS Gangster – https://www.greenfoot.org/scenarios/16920

Berikut adalah sertifikat yang di dapatkan dari Oracle Academy selama mengikuti pelatihan ini :

Setyo Bagus Fristanto

Guru Produktif RPL SMK Negeri 9 Malang

Mungkin Anda juga menyukai

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x