Pelatihan Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dengan Oracle Academy

Menindaklanjuti hasil kesepakatan antara Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri dengan Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK), pelaksanaan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (Tahap 1) bekerjasama dengan Oracle Academy akan dilaksanakan menggunakan metode dalam jaringan (daring) secara penuh dengan penjelasan pelaksanaan sebagai berikut:

hari, tanggal : Sabtu s.d Kamis, 26 September s.d 15 Oktober 2020

platform : Video Conference (Virtual Room Zoom/Webex)

pembukaan : Sabtu, 26 September 2020, pukul 09.00 WITA

pelatihan : Senin, 28 September 2020 (jadwal dan waktu pelatihan terlampir)

Semua biaya pelatihan ditanggung oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk peserta diharuskan melakukan registrasi melalui sistem Oracle Academy seperti dijelaskan di panduan (terlampir) paling lambat tanggal 24 September 2020 pukul 23.59 WIB.

 

Berikut Panduan Kegiatan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dengan Oracle Academy dengan Materi Database Foundation

 

Berikut Surat Tugas Kegiatan Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan

 

Berikut adalah beberapa foto kegiatan saat pelatihan berlangsung:

   

   

 

Berikut adalah Sertifikat Oracle Academy yang saya dapatkan dari kegiatan Pelatihan Database Foundations ini:

 

Kegiatan Pelatihan Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan ini saya laksanakan sekitar 1 bulan penuh dengan daring melalui aplikasi Zoom Meet. Selama 1 bulan penuh tersebut kita di Gembleng dan diajari tentang konsep dan praktik database foundation dari Oracle Academy dengan di Ajari dan di Bimbing langsung oleh Trainer Oracle. Banyak pengetahuan dan hal baru yang kita dapatkan tentang Database yang selama ini kita ketahui karena kita biasa menggunakan database yang versi open source maka di Oracle ini kita belajar database yang versi closed source, sehingga banyak sintaks dan konsep baru yang kita temui.

Setelah sebulan kita di ajari selain itu juga ada quiz dari Oracle Academy yang mengharuskan kita menjawab setiap quiz dan exam/ujian nya dengan nilai harus di atas 75. Selain itu kita juga mempraktikkan latihan dan query SQL di oracle langsung secara online. Setelah akhir kegiatan kita di ikutkan oleh pusat untuk mengikuti uji sertifikasi Oracle atau Oracle Certified Associate (OCA) yang jika lolos maka kita akan mendapatkan sertifikasi dan di akui secara internasional. Lalu di akhir kegiatan kita yang mengikuti pelatihan ini di undang ke Makassar untuk acara penutupan dan serah terima sertifikat.

Setyo Bagus Fristanto

Guru Produktif RPL SMK Negeri 9 Malang

Mungkin Anda juga menyukai

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x