Lomba Keahlian Guru Produktif Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Nasional Tahun 2016

Lomba Keahlian Guru Produktif SMK adalah kegiatan kompetisi dalam hal kemampuan profesional keahlian produktif di bengkel/laboratorium dan kemampuan mengajar praktik antar Guru Produktif SMK sehingga dapat
diketahui unjuk kerjanya, dan dapat dipilih guru produktif SMK yang terbaik sebagai pemenang. Materi yang dilombakan pada tingkat nasional meliputi dua bidang utama, yang pertama kemampuan bidang keahlian produktif di bengkel/laboratorium, dan kedua kemampuan mengajar praktik di bengkel/laboratorium.

Dalam rangka memenuhi persyaratan lomba maka diharapkan setiap peserta diharapkan sudah mulai merapikan komponen berkas portofolio yang disahkan dan ditandatangani oleh kepala sekolah. Berkas portofolio disertai dengan bukti fisik berupa piagam,ijasah atau sertifikat aslinya serta disusun sesuai dengan komponen portofolio sertifikasi guru. Berkas portofolio dijilid jadi satu sebanyak satu bundel saja. Selain itu karya ilmiah guru berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas) harus sudah disahkan dan ditandatangani oleh kepala sekolah. Adapun berkas karya ilmiah merupakan hasil kerja guru terhadap penyelesaian permasalahan pembelajaran dalam kelas yang dilakukan oleh guru yang bersangkutan dalam satu tahun terakhir proses KBM yang dijalani di sekolah tempat mengajarnya. Selain itu peserta wajib mengikuti petunjuk pada buku pedoman pemilihan guru berprestasi yang dikeluarkan oleh Dirjen PMPTK untuk mempelajari setiap kompetensi yang akan diujikan. Adapun kompetensi tersebut meliputi empat hal yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional.

Persyaratan lainnya adalah telah menjadi guru produktif secara terus menerus di sekolah tersebut, direkomendasi baik oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru maupun komite sekolah. Berkas-berkas lomba diserahkan ke kantor dinas Pendidikan Tingkat Kota serta siap menjalani seleksi tingkat Kota.

Banyak pengalaman yang di dapatkan selama mengikuti kegiatan Lomba Keahlian Guru Produktif ini tepatnya di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) selama kurang lebih 4 hari lomba pada tahun 2016 lalu, meskipun masih belum bisa lolos juara 1 sebab memang kita di lombakan tingkat se-Nasional akan menemui Guru-Guru hebat setanah air dan bagi saya sebagai penulis ini yang paling penting adalah ilmu dan pengalaman yang luar biasa.

Berikut adalah Video Pembelajaran yang penulis ikutkan seleksi untuk LKG ini

 

SINOPSIS
VIDEO PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN WEB

Pembelajaran pada video ini ditujukan kepada siswa Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan siswa kelas X di SMK Negeri 9 Malang. Pembelajaran dimulai dengan siswa berbaris dan bersalaman dengan bapak ibu guru pengajar, kemudian dilanjutkan dengan doa dan salam.

Pembelajaran dimulai dengan guru pengajar mengulang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya untuk memancing tingkat pemahaman siswa kemudian guru menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan ini yaitu tentang format teks pada halaman web yaitu berkaitan format pewarnaan pada halaman HTML. Materi yang disampaikan bersifat informasi dan prosedural yang menjurus pada ketrampilan dasar agar lebih efektif.

Setelah guru menyampaikan materi kepada siswa, dan siswa mencatat apa yang disampaikan guru dilanjutkan dengan proses praktik kerja di laboratorium dengan materi yang telah disampaikan sebelumnya.

Materi yang disampaikan berupa materi format teks seputar pewarnaan pada halaman web sehingga produk halaman web bisa tampil lebih menarik yaitu pewarnaan lebih spesifik pada halaman background dan pewarnaan pada teks. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai Tag / Pemformatan pada halaman HTML kemudian siswa mempraktekkan penjelasan dari guru mengenai Tag / Pemformatan pada halaman HTML.

Pada proses pembelajaran dilaboratorium, guru berkeliling mengecek apakah ada siswa yang mengalami kesulitan. Siswa juga bisa bertanya kepada guru jika halaman web yang dibuat mengalami kekeliruan dan tidak sesuai dengan tampilan pada aplikasi browser.

Proses mengajar menggunakan metode praktik di laboratorium sangat bermanfaat untuk siswa, siswa lebih mengerti materi yang disampaikan guru melalui metode praktik.

Setyo Bagus Fristanto

Guru Produktif RPL SMK Negeri 9 Malang

Mungkin Anda juga menyukai

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x