Juara 3 Lomba Cipta Game Nasional (Clevio Coder Camp)

Pada kesempatan kali  ini Clevio Coder Camp mengadakan Lomba Cipta Game Nasional secara Daring Online melalui media Zoom dengan tema “Guru Sebagai Pahlawan di Masa Pandemi”, kegiatan lomba ini dalam rangka merayakan hari guru tanggal 25 November.

Di lomba ini, para siswa dan guru selama 1 minggu dapat membuat game edukasi yang menunjukan konsep belajar yang menyenangkan sebagai apresiasi pada kreativitas guru dalam mengajar di masa pandemi. Game edukasi yang dibuat dapat membantu guru dalam mengajarkan topik tersebut dengan cara yang menyenangkan. Peserta juga dapat membuat game yang mengambil topik dari salah satu mata pelajaran, atau membuat game tentang tantangan yang dihadapi guru saat mengajar daring.

     

 

Target Peserta dan Kategori Lomba

Lomba ini terbuka untuk semua siswa-siswi tingkat SD (dari kelas 4 ke atas), SMP, SMA hingga Guru atau Dosen, di seluruh Indonesia. Peserta terbagi dalam 4 kategori:

  • Kategori SD untuk siswa kelas 4-6 SD
  • Kategori SMP untuk siswa kelas 1-3 SMP
  • Kategori SMA untuk siswa kelas 1-3 SMA/SMK
  • Kategori Guru/Dosen

 

Software yang digunakan dianjurkan menggunakan Scratch atau Construct 3, jika memilih software lain diwajibkan untuk merubah ke bentuk .exe atau .apk sebelum dikumpulkan.

Juri akan memberi penilaian berdasarkan:

  • Orisinalitas ide, konsep game dan desain
  • Manfaat yang diperoleh pemain
  • Hiburan yang diperoleh pemain (menyenangkan)
  • Kualitas operasi software
  • Komposisi desain
  • Presentasi (Untuk peserta yang lolos ke 5 besar)

 

Dari kegiatan lomba Clevio ini saya ikut di lomba kategori Guru dan masuk di posisi 5 besar dengan karya Game yang saya buat adalah Game berjenis Petualangan dan Platformer yang saya beri nama Rustic Switch dengan Ide game ini menceritakan kisah 2 orang anak bersaudara yang tinggal di pedalaman, untuk bersekolah dengan berpetualang melewati hutan, sungai, jembatan  dan tebing menuju Sekolah. Selain berpetualang, story dan cerita yang digunakan dalam Game adalah menggunakan Bahasa Inggris sehingga membantu anak dalam berlatih membaca. Karakter utama (Rudy & Tika) dapat berpindah gerak/petualangan secara bergantian (Switch) dan harus sampai di sekolah secara bersamaan sebelum waktu habis yang mengakibatkan mereka terlambat datang ke sekolah.

Kesimpulan Dari Game yang saya buat ini hanya bisa lolos di 5 besar saja sedangkan untuk juara 1-3 rata-rata mereka membuat game berjenis soal/quiz yang bagi saya sendiri akan menghilangkan sifat dari game itu sendiri yang sifat utamanya adalah menyenangkan. Berikut adalah Game Petualangan yang saya beri Judul Rustic Switch yang saya buat :

   

Berikut adalah presentasi dan mekanik game yang saya buat.

 

Selain saya yang ikut dalam lomba cipta game nasional ini ada 1 dari 5 siswa bimbingan saya yang juga ikut serta dalam lomba game ini dan lolos masuk peringkat 3, Game yang di buat oleh siswa dari kelas XI RPL 2 ini yaitu Yehova Tjioe berkonsep petualangan dan platformer yang dia beri judul BukuGuru. Berikut adalah dokumentasi hasil presentasi yang dia buat saat juara 3.

   

 

Berikut adalah video presentasi Yehova Tjioe dalam Game yang Berjudul Buku Guru

 

Berikut adalah Foto Saat Yehova Tjioe mendapatkan medali dan piagam penghargaan dari Clevio :

 

Setyo Bagus Fristanto

Guru Produktif RPL SMK Negeri 9 Malang

Mungkin Anda juga menyukai

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x