Kamp Kreatif Siswa SMK Indonesia (KKSI) 2021 Bidang Game Development

Kamp Kreatif Siswa SMK Indonesia (KKSI) merupakan Event Nasional yang rutin diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan & Kebudayaan serta Direktorat Jendral Vokasi dibantu oleh SMK Pengampu atau penyelenggara. Tahun ini sekolah saya SMK Negeri 9 Malang mengikuti agenda kegiatan KKSI ini dengan bidang tema Game Development selaku saya sendiri sebagai Guru Pembimbing dan 4 Siswa saya yang tergabung dalam satu buah team Game Development.

Game development sendiri adalah proses menciptakan aplikasi berbasis game yang nantinya bisa digunakan oleh user sesuai jenisnya, yaitu game desktop maupun game mobile android. Pembangunan dan pengembangan game dilakukan bersama dengan team yang umumnya terdiri dari game designer, game programmer, sound enginer, dan 2D/3D game artist. Berikut adalah bagian yang di handle oleh team pengembang game.

Game Designer

Game designer bertanggungjawab dalam merancang sebuah game, yang meliputi konsep atau genre game, tema game, alur cerita game, statistik karakter, target pemain atau pengguna, dialog antar karakter, dan masih banyak lagi. Semua rancangan tersebut dituangkan dalam bentuk Game Design Document (GDD) yang menjadi acuan seluruh tim agar mengerti game seperti apa yang akan dibuat dan Technical Design Document (TDD) untuk penjelasan secara teknisnya.

Team yang tergabung dalam game designer menjadi pemimpin dalam proses pembuatan game. Role ini bisa dibilang cukup berat karena harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai game, mengerti pemrograman, animasi, art, dan musik agar komunikasi dengan tim bisa lancar dan sejalan.

 

Game Programmer

Game Programmer biasanya berasal dari jurusan informatika, komputer dan sejenisnya yang mengerti pemrograman. Tapi seorang programmer yang bisa membuat aplikasi belum tentu bisa membuat game, karena merupakan fokus yang berbeda. Game Programmer yang bertanggungjawab membuat kode dari rancangan game yang dibuat oleh team Game Designer atau dalam istilah lain adalah merealisasikan mekanik dari game. Game umumnya dikembangkan menggunakan Game Engine yang ada dipasaran salah satu contohnya adalah Unity.

 

3D Game Artist

3D Game Artist atau Graphic Artist yang bertanggungjawab dalam membuat seluruh asset yang dibutuhkan dalam pembuatan game, contohnya gambar pada yang meliputi gambar 2D dan 3D. Pada game 2D game artist akan membuat karakter Sprite, concept art, UI element. Sedangkan pada game 3D asset yang dibutuhkan akan lebih rumit dan variatif diantaranya membuat 3D model, texture, dan menganimasikannya.

 

Kegiatan KKSI

Dalam kegiatan ini, siswa/siswi SMK se-Indonesia akan mendapat pembelajaran secara daring selama 5 bulan (Setiap bidang lomba masing – masing range berbeda – beda). Pembelajaran tersebut dilakukan online via Zoom dan disampaikan oleh pemateri yang sudah mumpuni di bidang lomba masing – masing. Materi yang diberikan oleh pemateri harus dikuasai oleh semua peserta, yang nantinya akan diwujudkan ke dalam bentuk karya setiap masing masing lomba.

Selain itu, pemateri juga memberikan tugas kepada peserta, agar peserta didik memahami setiap materi yang diberikan. Tugas yang diberikan juga dijadikan sebagai tolak ukur keseriusan peserta dalam mengikuti KKSI tahun 2021.

 

Tahun ini team kami skanawa_dev membuat sebuah Game berjenis Petualangan yang dikemas dalam sebuah aplikasi mobile dan bisa di jalankan di HP Android, tentunya pemain harus mendownload terlebih dahulu aplikasi nya di Google PlayStore.

Berikut Link download game yang dibuat siswa-siswi SMK Negeri 9 Malang dari team Game Development yang kita beri nama Shine of Warrior. Untuk link nya bisa di download di link Berikut:

 

Berikut adalah Guide Book dari Game Shine Of Warrior ini :

 

Berikut adalah Trailer dari Game Shine Of Warrior ini :

Setyo Bagus Fristanto

Guru Produktif RPL SMK Negeri 9 Malang

Mungkin Anda juga menyukai

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x