Game Instagram Tangkap Benda dengan Spark AR

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan konten digital sehingga memunculkan pengalaman seolah-olah konten tersebut benar-benar ada di sekitar kita. Teknologi Augmented Reality membutuhkan perangkat yang terhubung dengan kamera agar dapat dijalankan seperti smartphone, PC yang terhubung dengan webcam dan kacamata pintar seperti Google glass.

Dalam perkembangannya, banyak social media yang juga menerapkan teknologi AR, salah satunya adalah Instagram. Penerapan teknologi AR pada Instagram dapat dilihat pada bagian InstaStory, pengguna dapat membuat video atau foto story dengan menerapkan teknologi Augmented Reality di dalamnya.

Kita juga dapat membuat konten game untuk dijalankan di dalam platform Instagram. Pembuatan konten game untuk platform Instagram dapat dilakukan menggunakan software Spark AR yang diinstall pada PC / Laptop. Dengan software tersebut kita dapat menambahkan gambar dan audio yang digunakan di dalam game serta mengatur skenario dan kondisi yang dijalankan di dalam game tersebut.

Beberapa penerapan AR Game di dalam industri dapat digunakan sebagai media promosi dan pemasaran produk ataupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh instansi dengan cara yang lebih interaktif dan menarik sehingga dapat menjangkau lebih banyak target atau konsumen.

Anda juga dapat mengunduh bahan-bahan yang dapat digunakan selama pelatihan pada tautan berikut :

https://cutt.ly/spark-ar-catch-game

Sebelum mulai membangun projek AR Catch Object Game dengan Spark AR ada beberapa hal yang dibutuhkan, antara lain :

  1. Software Spark AR, digunakan untuk mengelola konten game yang akan diterbitkan di dalam platform Instagram ataupun Facebook. Link download : https://sparkar.facebook.com/ar-studio/download/.
  2. Koneksi internet.
  3. Akun Facebook, karena Spark AR dan Instagram masih dikelola oleh Facebook maka kita membutuhkan akun Facebook agar dapat menerbitkan projek yang telah dibuat ke dalam platform Instagram ataupun Facebook.

Jika anda sudah menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan tersebut maka sekarang kita sudah siap untuk membangun projek AR Catch Object Game dengan Spark AR, prosesnya dapat anda lihat pada bab berikutnya.

Untuk lebih jelasnya anda bisa download langkah-langkah pembuatannya pada modul berikut sesuai Modul Pelatihan yang kita dapatkan dari Maspion-IT.

 

Berikut adalah hasil jadi Game Instagram nya dan hanya bisa dimainkan di Handphone yang terdapat aplikasi Instagram.

 

Spark AR ini juga banyak memberikan efek-efek menarik di dalam aplikasi Instagram yang kita buat,

Berikut adalah hasil jadi tampilan nya setelah kita praktikkan membuat dari awal  mengikuti modul tersebut :

 

Setyo Bagus Fristanto

Guru Produktif RPL SMK Negeri 9 Malang

Mungkin Anda juga menyukai

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x